POLITIK

KPU Jawa Barat: Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar Mendaftar Selasa

, LINTASINDONESIA.com
- FOTO | ISTIMEWA ]
LINTASINDONESIA.COM, -- Bandung - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat Yayat Hidayat mengatakan, besok lusa, pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi akan mendaftar ke KPU untuk berlaga dalam pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018.

“KPU sudah menyusun jadwal sementara, tapi kemungkinan bisa saja berubah lagi,” katanya saat dihubungi Tempo, Minggu, 7 Januari 2018.

Yayat mengatakan pasangan pertama yang akan mendaftar pada Selasa, 9 Januari 2018, adalah Ridwan-Uu, yang diusung Partai NasDem, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Hanura,. “Pagi-pagi tanggal 9 Januari, jam 10.00, Ridwan Kamil-Uu,” ucapnya.

Masih pada hari yang sama, selanjutnya pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi, yang diusung Demokrat dan Golkar. “Jam dua siang,” ujarnya.

Pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu, yang diusung Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Amanat Nasional, akan mendaftarkan keesokan harinya. “Rabu, tanggal 10 Januari, jam satu siang, itu Sudrajat-Syaikhu,” tutur Yayat.

Yayat mengatakan pasangan terakhir yang akan mendaftar ke KPU pada Rabu adalah Tubagus Hasanudin-Anton Charliyan, yang disokong Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. “Jam tiga sorenya, TB Hasanudin-Anton Charliyan,” kata dia.

Yayat menuturkan KPU mengingatkan soal kelengkapan berkas pencalonan dan berkas calon. Dia mencontohkan, untuk calon wakil gubernur, Anton Charliyan, yang masih tercatat sebagai jenderal polisi aktif, diminta membawa surat pernyataan akan mengundurkan diri. “Pada saat pendaftaran itu, dia harus menyerahkan surat pernyataan akan mengundurkan diri setelah ditetapkan sebagai pasangan calon,” tuturnya.

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Jawa Barat Kusnadi mengatakan pasangan Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi, yang diusung partainya dan Partai Demokrat, akan mendaftar pada 9 Januari 2018. “Akan dimulai dengan deklarasi di Sabuga, jam sembilan pagi mulainya. Sampai zuhur selesai acaranya, kemudian bergerak ke lapangan Persib supaya tidak mengganggu. Dari sana, sekitar jam dua siang berangkat ke KPU,” katanya di Bandung, Sabtu, 6 Januari 2018.

Adapun Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum hari ini baru mendatangi empat partai pendukungnya guna mengambil surat rekomendasi untuk berlaga dalam pilgub Jawa Barat 2018.

Artikel Terkait
Terpopuler